Kenapa gigi ngilu?

Kenapa gigi ngilu? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang yang mengalami rasa tidak nyaman pada gigi mereka. Gigi ngilu adalah kondisi di mana gigi terasa sakit atau sensitif saat terkena rangsangan tertentu, seperti makanan atau minuman panas, dingin, asam, atau manis. Gigi ngilu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup.

Ada berbagai penyebab gigi ngilu yang perlu Anda ketahui agar bisa mencegah dan mengobatinya dengan tepat. Berikut adalah beberapa penyebab gigi ngilu yang umum terjadi:

- Gigi sensitif. Gigi sensitif adalah penyebab gigi ngilu yang paling sering ditemui. Gigi sensitif terjadi akibat terkikisnya lapisan enamel gigi yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam gigi. Bila enamel gigi terkikis, maka lapisan dentin di bawahnya yang mengandung banyak saraf akan terpapar. Hal ini menyebabkan gigi terasa ngilu saat terkena rangsangan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas . Penyebab terkikisnya enamel gigi bisa bermacam-macam, seperti menyikat gigi terlalu keras, mengonsumsi makanan atau minuman yang asam atau manis secara berlebihan, atau kebiasaan menggeretak gigi.

- Gigi berlubang. Gigi berlubang adalah kondisi di mana ada lubang pada permukaan gigi akibat kerusakan jaringan keras gigi. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi yang menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Bakteri ini akan menghasilkan asam yang merusak lapisan enamel dan dentin gigi. Bila lubang sudah mencapai lapisan dalam gigi yang disebut pulpa, maka akan menimbulkan rasa sakit dan ngilu pada gigi. Gigi berlubang juga bisa menyebabkan infeksi dan komplikasi lainnya, seperti abses periapikal atau kista.

- Gigi retak. Gigi retak adalah kondisi di mana ada retakan pada struktur gigi akibat trauma atau tekanan mekanis. Gigi retak bisa disebabkan oleh pertambahan usia, kebiasaan mengunyah makanan keras, atau cedera pada gigi, misalnya akibat benturan atau pukulan. Ketika gigi retak, akar gigi akan mudah terpapar oleh rangsangan dari luar, sehingga menyebabkan gigi ngilu. Gigi retak juga bisa menyebabkan infeksi dan komplikasi lainnya, seperti nekrosis pulpa atau fraktur vertikal.

- Tambalan gigi rusak atau longgar. Tambalan gigi adalah bahan yang digunakan untuk menutup lubang pada gigi berlubang agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut. Namun, tambalan gigi bisa rusak atau longgar akibat usia, keausan, atau trauma. Hal ini menyebabkan akar gigi mudah terpapar oleh rangsangan dari luar, sehingga memicu munculnya rasa ngilu pada gigi. Tambalan gigi yang rusak atau longgar juga bisa menyebabkan infeksi dan komplikasi lainnya, seperti abses periapikal atau kista.

- Gangguan pada gusi. Gangguan pada gusi adalah kondisi di mana ada peradangan atau infeksi pada jaringan lunak yang menyangga gigi. Gangguan pada gusi bisa disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi yang mengiritasi gusi,

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Perbedaan Slang dan Colloquialism: Bahasa Informal yang Berbeda

Tragedy at Taylor Swift's Rio Concert - Concert Postponed after Fan's Passing

Perbedaan PPKB Reguler dan Non-Reguler